Perkembangan Lagu-Lagu Anak Sekarang

Lagu anak sekarang ini seakan tenggelam dikalahkan dengan pesona lagu-lagu orang dewasa. Banyak terdengar anak-anak menyanyikan lagu-lagu anak band yang sedang tenar, bahkan mereka lebih mengenal penyanyi-penyanyi dewasa ketimbang penyanyi cilik yang sesuai untuk usianya. Anak Indonesia tidak menerima haknya untuk terhibur secara wajar dengan lagu-lagu yang sesuai dengan usianya sehingga mereka tumbuh dewasa sebelum waktunya.

Yang tampak jelas terlihat ketika ajang pemilihan Idola Cilik pada salah satu stasiun televisi swasta. Kita lihat para peserta menyanyikan lagu orang dewasa walaupun ada beberapa yang diganti, namun ada saja yang menyanyikan lagu orang dewasa tanpa diedit lagi dan tidak layak dinyanyikan anak anak seusianya. Apakah sudah tidak ada lagi orang-orang yang peduli tentang dunia anak?

Kemanakah orang-orang yang ahli di bidangnya? Pencipta lagu anak?

Memang sih, ada lagu anak-anak seperti Burung Kakaktua, Aku Seorang Kapiten, Balonku, Cicak-cicak di dinding dan masih banyak lagi. Namun lagu-lagu itu, lagu jadul, Lagu ketika kita masih anak-anak. Lagu lainnya seperti lagu Menanam Jagung yang dinyanyikan oleh Enno Larian, Jangan Marah dinyanyikan Trio Kwek Kwek, Diobok-obok dipopulerkan oleh Joshua, Tralala Trilili dinyanyikan Agnes Monica masih menghibur anak-anak pada masanya.

Dengan semakin berkembangnya dunia musik Indonesia, anak Indonesia semakin kekurangan untuk mendapatkan hiburan lagu anak terbaru yang layak dikonsumsi. Para pencipta lagu mulai mencoba menggali potensi mereka dalam dunia musik dengan menciptakan lagu anak terbaru. Dimulai dengan kesukaan anak-anak dalam menonton serial Upin dan Ipin. Kemudian pembuatan soundtrack upin dan ipin yang berjudul Sahabat Selamanya yang digarap oleh Piyu Padi dan dinyanyikan oleh Band Padi.

Anak-anak mulai terhibur dengan keberadaan lagu tersebut, walaupun yang menyanyikan lagu Sahabat Selamanya adalah band dewasa tetapi paling tidak mereka memiliki lagu yang layak untuk mereka nyanyikan. Seakan tidak mau kalah dengan keberadaan lagu anak yang dinyanyikan band dewasa, muncul lagu anak terbaru yang dinyanyikan band dewasa pula. Seperti lagu Tebak Suara yang diciptakan dan dinyanyikan oleh The Dance Company.

Mereka mengatakan bahwa mereka prihatin dengan fenomena yang terjadi pada anak indonesia yang menyanyikan lagu dewasa. Ada juga penyanyi cilik seperti Umay Shihab, namun ia hanya mengaransemen ulang lagu-lagu lama. Memang sih ada juga lagu anak terbaru yang dibuat khusus untuk Umay nyanyikan. Bermula dari penyanyi cilik, Umay Shihab, semoga akan bertambah penyanyi-penyanyi cilik lainnya yang memberikan warna baru pada dunia musik anak Indonesia.

About bintanggemerlap

Blog ini dibuat untuk memberikan tips dan trik merawat anak, serta untuk mengembangkan budaya anak-anak kembali jaya contohnya dibidang lagu anak anak dan permainan anak-anak yang mungkin bisa dikatakan sudah hilang saat ini.

Posted on December 12, 2011, in My Post and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: