Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Vemale.com – Memandikan bayi tampaknya hal sepele, namun masalah suhu air saja bisa berakibat fatal pada kesehatan bayi.

Dokter spesialis anak dari RS. Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Attila Dewanti, SpA, mengatakan bahwa sangatlah berbahaya bila memandikan bayi dengan menggunakan air dingin.

“Bayi usia enam bulan ke bawah, sebaiknya dimandikan menggunakan air hangat, karena air dingin bisa membuat bayi mengalami hipotermia,” ujar Attila pada satu media edukasi di Jakarta, Senin.

Hipotermia atau suhu tubuh yang menurun secara drastis dan tiba-tiba, akan dialami oleh bayi akibat lapisan kulit bayi yang masih terlampau tipis, kata Attila.

Dia juga mengemukakan bahwa hipotermia pada bayi, biasanya membuat bayi lupa cara bernapas. “Inilah hal yang paling membahayakan para bayi,” ujar Attila.

Attila mengimbau, sebaiknya bayi di bawah usia enam bulan dimandikan dengan air bersuhu antara 29 sampai dengan 30 derajat celsius, karena suhu itu dianggap cukup hangat dan aman bagi kulit dan paru-paru bayi.

“Pada usia enam bulan, sistem tubuh pada bayi normal sudah cukup siap untuk menerima asupan makanan lain selain susu, atau suhu yang berbeda dari suhu di dalam rahim,” pungkas Attila.

About bintanggemerlap

Blog ini dibuat untuk memberikan tips dan trik merawat anak, serta untuk mengembangkan budaya anak-anak kembali jaya contohnya dibidang lagu anak anak dan permainan anak-anak yang mungkin bisa dikatakan sudah hilang saat ini.

Posted on November 30, 2012, in Tips Merawat Anak and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: