Usia 1 Tahun Mulai Ajarkan Anak Menulis


Vemale.com – Jawabannya mengapa tidak? Anak usia 1 tahunpun bisa kok mulai diajarkan menulis. Dengan bimbingan dan panduan dari orang tua, Anda dapat mengajarkannya hal-hal simple seperti membuat garis atau lingkaran.

Pada usianya mungkin si anak belum mengenal huruf atau angka, dan tentu saja Anda tak perlu memaksanya langsung bisa menghafal alfabet dan angka. Langkah pertama menulis adalah mengajarkannya memegang pensil, dan membantunya membuat garis lurus atau lingkaran sebanyak-banyaknya sampai ia benar-benar bisa memegang pensilnya sendiri dan membuat garis sendiri.

Langkah kedua, ajarkan anak menulis namanya. Menulis nama ia tak harus menghafal 26 alfabet sekaligus. Anda bisa mengajarkannya menghafal namanya terlebih dahulu untuk memacu anak agar mau belajar dan mengenal huruf-huruf lainnya.

Langkah berikutnya ajarkan ia menebalkan huruf dan angka. Perbanyak jumlah huruf dan angka yang ditebalkan sehingga memorinya akan membuat ia menghafalkan secara alami. Memaksa ia mengingat tidak akan mudah, sehingga semakin sering ia menebalkan huruf dan angka, semakin kuat ingatannya.

Di usia yang cukup, 2 tahun ke atas, Anda boleh berkreasi dengan menggunakan crayon agar anak-anak dapat lebih bersemangat belajar menulis. Di usia 3 tahun, Anda dapat mengetest dan melatih kemampuannya mengingat huruf dan angka seperti yang sudah dipelajarinya sejak dini.

Tetaplah ingat bahwa kemampuan yang dimiliki anak satu dan yang lain berbeda. Apabila anak Anda memang tidak mudah mengingat dan sulit belajar menulis, maka yang Anda perlukan adalah waktu lebih untuk mengajarkannya dan kesabaran. (vem/bee)

About bintanggemerlap

Blog ini dibuat untuk memberikan tips dan trik merawat anak, serta untuk mengembangkan budaya anak-anak kembali jaya contohnya dibidang lagu anak anak dan permainan anak-anak yang mungkin bisa dikatakan sudah hilang saat ini.

Posted on December 6, 2012, in My Post and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: