Bagaimana Cara Melatih Bayi Berbicara

Melatih bayi untuk belajar bicara sejak dini dapat melatih kemampuan interaksi sosial dan komunikasi anak. Apa yang dikatakan oleh ibu atau orang – orang di sekitar bayi akan tersimpan di dalam memori anak dan pada suatu saat, si anak akan menirukan apa yang sudah ia dengarkan.

Satu hal penting saat mengajari anak bicara adalah mengajarkan buah hati dengan kata – kata yang bermakna positif, walaupin ia masih belum dapat berbicara.

Berikut ini beberapa tips untuk melatih buah hati anda berbicara:

1. Ajak bayi bicara sesering mungkin. Anda dapat mengajaknya berbicara sejak dini walaupun anak anda belum waktunya untuk bicara. Selain itu berbicaralah dengan suara yang lembut dan halus karena bayi lebih senang mendengar suara lembut. Berbicaralah dengan perlahan dan jelas pada si kecil. Jangan lupa untuk menatap mata si kecil.

2. Matikan Televisi atau radio saat sedang bermain bersama si kecil. Mengapa? Perlu diketahui bahwa suara dari tv dan radio dapat mengganggu konsentrasi si kecil untuk mendengarkan suara anda dengan jelas sehingga suara – suara radio dan tv justru akan mengacaukan konsentrasinya.

3. Gunakan kalimat sederhana. Untuk melatih bayi anda berbicara, ajukan pertanyaan yang jawabannya memiliki dua suku kata atau lebih. Mungkin jawabannya masih belum jelas, namun anda harus tetap menghargai jawabannya tersebut dan menunggu responnya.

4. Ajak si kecil bermain. Melatih anak berbicara dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui permainan contohnya ciluk ba, main tebak-tebakan, dan dari kegiatan sehari – hari seperti mandi, berjalan-jalan, makan, dll.

5.  Ulangi kata yang diucapkan bayi atau kata yang sedang ia coba untuk mengatakannya. Hal ini dapat memperjelas makna dari kata-kata tersebut. Saat mengajaknya bicara, pilihlah kata yang mudah dipahami.

Selain itu, orang tua tentu juga harus memberikan contoh yang baik kepada bayi. Oleh karena itu, hindari bicara kasar, buruk, dan kotor didepan si kecil karena kata-kata tersebut akan tersimpan di memorinya.

6. Beri tanggapan positif terhadap ocehannya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang benar atau tidak di cadel-cadelkan. Saat ini banyak orang tua yang masih melatih anaknya berbicara dengan sengaja di cadel – cadelkan.

Hal ini justru akan membuat si kecil tidak dapat cepat berbicara dengan lancar karena pelatihnya sendiri pun sejak awal mengajarinya kurang tepat.

Hal paling penting saat melatih si kecil bicara adalah melihat responnya. Jika ia masih memperhatikan, anda dapat terus mengajaknya bicara.

Namun, jika ia sudah mulai tidak memperhatikan atau justru memperhatikan hal lainnya, ini berarti si kecil sudah mulai bosan dan anda tidak boleh memaksanya. Belajar berbicara dapat dilanjutkan di lain waktu.

Intinya, anda harus banyak – banyak berkomunikas pada si kecil karena semakin banyak stimulasi yang ia dapat, ia akan semakin cepat mengembangkan kemampuannya berbicara.

About bintanggemerlap

Blog ini dibuat untuk memberikan tips dan trik merawat anak, serta untuk mengembangkan budaya anak-anak kembali jaya contohnya dibidang lagu anak anak dan permainan anak-anak yang mungkin bisa dikatakan sudah hilang saat ini.

Posted on February 1, 2013, in My Post. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: