Selamat Hari Anak Nasional 2013

Hari Anak Nasional 2013

Tepat pada tanggal hari ini 23 Juli 2013 Indonesia memperingati “ Hari Raya Anak National “. Hari raya International sendiri jatuh pada tanggal 1 Juni, dan untuk hari raya universal jatuh pada tanggal 20 November.
Setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan HAN bermula dari sebuah gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak di Indonesia. HAN diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984.

Dasar Diperingatinya Hari Anak Nasional

Peringatan HAN didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional, Surat Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Nomor B.246/MENKO/ KESRA/ XII/2012 tanggal 7 Desember 2012 tentang Penunjukkan HAN 2013, dan Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 20 tanggal 10 Mei 2013 tentang Panita Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013.

Peringatan HAN dimaksudkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif. Menggugah dan meningkatkan kesadaran seluruh komponen bangsa Indonesia bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, dan oleh karena itu kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Meningkatkan peran serta pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Dan menunjukkkan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak sesuai dengan Konvensi Hak-hak Anak.

Tema Hari Anak Nasional Tahun Ini

Secara khusus Indonesia dalam merayakan “ Hari Anak National “ mengunsung tema “ Indonesia Yang Ramah Dan Peduli Anak Dimulai Dari Pengasuhan Dalam Keluarga ”. Dan dengan Sub Tema : Perkuat jati diri anak Indonesia melalui penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa; Penuhi hak identitas anak melalui akta kelahiran; Kembangkan potensi anak sejak dini sesuai minat dan bakatnya; Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak; Dengarkan dan hargai suara dan pendapat anak; Tingkatkan kepedulian untuk mencegah kekerasan terhadap anak; Wujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh dan mandiri; Ilmu pengetahuan dan teknologi yang sehat sebagai media pengembangan inovasi dan kreatifitas anak.

Slogan: Stop kekerasan terhadap anak; Partisipasi dan kemandirian anak tentukan masa depan bangsa; Dukung keluarga dalam membangun kemandirian dan daya tahan anak; Anak cerdas gunakan Internet sehat; Bersama kita wujudkan Indonesia Layak Anak.

Melihat Anak Indonesia Diluar Sana

Banyak anak di Indonesia khususnya mereka yang di jalan sampai sekarang tidak mendapatkan hak yang semestinya mereka dapatkan seperti halnya anak-anak lainnya. Seperti, sekolah, makan, tempat tinggal, bahkan waktu bermain. Kehidupan mereka dihabiskan dengan hidup dijalanan seperti, mengamen, menjadi pengemis bahkan sudah ada yang menjadi “ preman “ walaupun umur mereka masih belia.

Mereka sudah menjadi tulang punggung bagi keluarga mereka walaupun sebagian karena dipaksa oleh orang tuanya. Jadi bagaimana cara kita dalam mengurangi anak jalanan? Salah satunya adalah “ Stop Beri Uang “ ya dengan kita memberikan uang kepada mereka maka “ anak jalanan “ diluar sana semakin nyaman dan mengantungkan kehidupan mereka dijalanan. Jika Anda simpati terhadap mereka, Anda dapat memberikan uang kepada yayasan yang peduli kepada anak jalanan salah satunya Yayasan Sahabat Anak.

Bahkan jika Anda peduli mereka, maka Anda dapat menjadi volunter dari Yayasan Sahabat Anak dengan ikut mengajar pelajaran di area bimbel mereka. Dan ikut serta ke dalam acara yang diselenggarakan mereka seperti halnya yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini yakni Jambore Sahabat Anak.

Mari sama-sama kita bantu anak di Indonesia yang belum mendapatkan Hak yang layaknya didapatkan mereka semestinya dengan menjadi Sahabat bagi mereka.

Selamat Hari Raya Anak Indonesia

About bintanggemerlap

Blog ini dibuat untuk memberikan tips dan trik merawat anak, serta untuk mengembangkan budaya anak-anak kembali jaya contohnya dibidang lagu anak anak dan permainan anak-anak yang mungkin bisa dikatakan sudah hilang saat ini.

Posted on July 23, 2013, in My Post. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: